Jenis Panahan


Jenis-jenis panahan

1. Tradisional.
Robin Hood adalah pemanah yang menggunakan jenis busur Long Bow. Busur jenis ini hanya berupa kayu panjang yang diikat oleh senar (string). Sampai kini, kategori long bow diperlombakan. Sasaran lomba ini tidak mesti sasaran dengan bantalan yang terdapat target face.
English longbow archer
2. Recurve
Recurve adalah alat satu-satunya jenis panahan yang diperlombakan di Olimpiade. Alat panahan modern ini sangat membantu pemanah karena bisa dipasang fisir (sight), penyeimbang (stabilliser). Anak panahnya pun menggunakan panah berbahan carbon, yang mempunyai sifat terbang yang konsisten.
3. Compound
Perkembangan terakhir alat panahan adalah busur jenis compound. Busur ini baru diciptakan sekitar tahun 1970an. Busur ini didesain untuk memiliki ketepatan tinggi. Di ujung busur terdapat katrol (cam). Alat camdibuat untuk menahan beban tarikan ketika mencapai tarikan penuh (full draw). Dengan cara ini, pemanah bisa memegang alat lebih stabil dan juga anak panah bisa melesat lebih cepat. Alat pelepas tali busur adalah alat bernama release aid.
Alat bantu fisir teleskopik diperbolehkan untuk panahan compound.
Sekarang anda mau pilih yang mana?
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Panahan & Archery - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger